Lomba Senam CTPS Lansia dan Anak SD di Soppeng -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Lomba Senam CTPS Lansia dan Anak SD di Soppeng




NARASI.ID, SOPPENG - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Soppeng menggelar lomba senam cuci tangan pakai sabun (CTPS) lanjut usia (Lansia) dan anak Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Soppeng, di Taman Kalong Soppeng, Selasa, 19 Juli 2022.

Ketua Pokja IV TP PKK Soppeng Andi Yanwar Saiful SKM menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk membudidayakan perilaku hidup sehat cuci tangan pakai sabun terutama pada masa pandemi Covid-19, agar dapat juga diaplikasikan dengan keluarga dan masyarakat lainnya.

Dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan dua hari yang diikuti 340 peserta. Terdiri pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan, pembina lansia, pembina UKS, dan anak SD se-Kabupaten Soppeng.

Ketua TP PKK Kabupaten Soppeng Hj. Nurjannah Kaswadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengatakan, salah satu upaya untuk mengubah perilaku masyarakat agar mendukung peningkatan derajat kesehatan dilakukan melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Selain itu, untuk membudayakan Germas diperlukan pendekatan yang komprehensif, lintas program dan lintas sektor, serta mobilisasi sumber daya disemua tingkat pemerintahan. "Salah satunya melalui kemitraan Sektor Kesehatan dengan Tim Penggerak PKK," ungkapnya.

Menurut Nurjannah, membiasakan PHBS dengan mencuci tangan menggunakan sabun, merupakan salah satu upaya efektif mencegah berbagai jenis penyakit, terutama penyakit menular. Untuk itu, TP PKK senantiasa menganjurkan masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 dengan melakukan PHBS.

"Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama anak-anak kita di sekolah untuk menerapkan CTP secara dini. Sehingga CTPS bukan hanya menjadi kebiasaan tapi dapat menjadi budaya masyarakat," harap Nurjannah. (Nal)