Pemkab Soppeng Ikuti Hari Otoda, ini Pesan Mendagri -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Pemkab Soppeng Ikuti Hari Otoda, ini Pesan Mendagri


NARASI.ID, SOPPENG - Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak, mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVI 2022 secara virtual, di Ruang SCC Lamataesso Kantor Bupati Soppeng, Senin (25/4/2022). 

Kegiatan tersebut diawali pemutaran video sejarah otonomi Daerah, dengan tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah kita wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045".

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro saat mewakili Mendagri mengatakan secara filosofis tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan, urusan pemerintahan, yakni urusan pemerintahan yang sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal, dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan. 

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan otonomi daerah dan kemampuan fiskalnya. Dimana peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat," kata Suhajar Diantoro dalam forum itu. 

Dirinya juga menyampaikan agar daerah yang kemampuan fiskalnya baik tapi indeks pembangunan manusia masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi, akses infrastruktur belum baik, agar melakukan valuasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar dapat tepat sasaran, efektif serta efisien tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat. 

"Disinilah ujian sekaligus pembuktian leadership atau kepemimpinan dan entrepreneurship atau kewirausahaan untuk menangkap peluang yang ada oleh seluruh kepala daerah di Indonesia,“ terangnya. 

Acara di lanjutkan dengan launching sistem informasi laporan penyelenggara pemerintahan versi 1.1 dan konsultasi virtual otonomi daerah oleh Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro didampingi Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, ditandai dengan menaruh telapak tangan di screen layar.