Kaswadi Razak Apresiasi Kegiatan Pemilihan Duta Budaya Soppeng

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Kaswadi Razak Apresiasi Kegiatan Pemilihan Duta Budaya Soppeng


NARASI.ID, SOPPENG
- Ikatan Ana’Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menggelar Acara Wenni Abbatireng Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng Tahun 2022, di Pelataran Gedung Pertemuan Masyarakat Soppeng.


Ketua Panitia, Ismadi Alvino dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diselenggarakan berkat dari niat dan spirit semangat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng yang tentunya bekerja sama dengan Ikatan Ana’dara Kallolo Soppeng, mempersembahkan kepada masyarakat Soppeng menggelar acara pemilihan Duta budaya Tahun 2022 serta para sponsor dan semua pihak yang telah membantu kami.


Tentunya melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Raja Soppeng, Andi Tantu Datu Galib yang selama ini telah memberikan kami arahan motivasi dan menyadarkan kami sebagai generasi muda akan pentingnya budaya sebagai harta dan kekayaan kita sebagai masyarakat Kabupaten Soppeng yang beradat.


Kegiatan pemilihan Duta Budaya telah berlangsung sejak tanggal 6 hingga 13 Maret 2022. Dimana terdapat 30 finalis yang mendaftar dari utusan sekolah, utusan Desa/Kelurahan dan utusan umum. Pesan kami selaku panitia seluruh finalis agar berkompetisi dengan menjunjung tinggi spirit “Yassisoppengi”.


Mewakil Bupati Soppeng, Staf Ahli Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia Drs Muh.Arif Dimas, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng yang bekerja sama dengan Ikatan Ana’dara Kallolona Soppeng, karena telah melaksanakan kegiatan ini, yang sesungguhnya punya nilai filosofis yang sangat besar sekali. Sehingga melalui acara ini, nantinya akan melahirkan duta budaya yang merupakan penyaring dari seluruh pengaruh-pengaruh budaya barat dan budaya yang tidak menguntungkan bagi generasi muda itu sendiri.


Perlu kita pahami bersama bahwa generasi muda yang nantinya terpilih sebagai duta budaya akan menjadi pioner dalam pengembangan kebudayaan di Soppeng. Bukan hanya itu, tapi akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Soppeng dalam seluruh upaya-upaya yang dilakukan untuk melakukan kegiatan pembangunan dan mensejahterakan rakyat itu sendiri. Karena tidak ada pembangunan yang dapat berlangsung dengan baik tanpa budaya yang baik. karena kita mempunyai warisan budaya leluhur yang sangat besar sekali yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lain.


"Bupati Soppeng sangat mengapresiasi dan mempunyai perhatian yang besar kepada siapa saja ingin berkolaborasi dalam kegiatan pembangunan, baik kegiatan pendidikan, budaya dan kegiatan positif lainnya," katanya. 


Dia berharap kedepannya generasi muda Soppeng yang tergabung di ajang pemilihan Duta Budaya ini bukan hanya menguasai budaya tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.


"Pesan saya atas nama Bupati Soppeng, bahwa spirit A’bulo Sibatang yang bukan hanya sebagai kata-kata tapi marilah kita jadikan sebuah internalisasi dalam diri dan sanubari kita masing-masing serta menjadi cerminan nantinya di dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan bermasyarakat," jelasnya.


Acara dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan kepada Ana’Dara Kallolo berprestasi oleh Staf Ahli Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia, dan piagam penghargaan kepada para sponsor oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.


Pemenang kallolo duta budaya Soppeng tahun 2022, Muhammad Fajar Hidayat utusan MAN 1 Soppeng dan Ana’dara duta budaya Soppeng tahun 2022, Adinda Nabila Dwi Putri utusan MAN 2 Soppeng.


Runner Up 1 kallolo duta budaya Soppeng tahun 2022 an. Muh Ricky Ruslan utusan MAN 1 Soppeng dan Ana’dara duta budaya Soppeng tahun 2022,Nurna Dea utusan umum


Runner Up II kallolo duta budaya Soppeng tahun 2022 an. Indra Pratama utusan Kel. Tettikenrarae dan Ana’dara duta budaya Soppeng tahun 2022, Fitri Azzahrah utusan umum


Turut hadir pada kegiatan ini para anggota Forkopimda Kab.Soppeng, para kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab.Soppeng, para Kepala Sekolah Kabupaten Soppeng, para kepala desa/kelurahan se Kab.Soppeng, para sponsor dan para juri