Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Serahkan Bantuan dan Resmikan Sejumlah Proyek Pada Peringatan HJS Ke-763 -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Serahkan Bantuan dan Resmikan Sejumlah Proyek Pada Peringatan HJS Ke-763



NARASI.ID, SOPPENG - Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin hadiri kegiatan peringatan Hari Jadi Soppeng (HJS) yang ke-763, Selasa (23/04/2024).

Pada kesempatan tersebut, Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan menyerahkan penghargaan, bantuan dan meresmikan berbagai proyek pembangunan yang dilakukan secara resmi di Stadion H. A. Wana Laburawung.

Adapun bantuan yang diserahkan pada peringatan HJS ke-763, diantaranya CSR Renovasi Gerbang Beringin, penyerahan sertifikat kekayaan intelektual Komunal, dan penyerahan sertifikat hak pakai instansi sebanyak 357 sertifikat.

Hal tersebut juga mendapatkan apresiasi penghargaan dari KPK, sebagai penerbitan sertifikat terbanyak untuk wilayah Sulawesi, Kaltim dan Kaltara.


Adapaun dalam kegiatan ini juga penandatanganan prasasti dan proyek tahun 2024, peningkatan jaringan irigasi D.I Lajaroko, penataan KWA Lejja Tahap II, pembangunan Puskesmas Baringeng, Preservasi Jalan Long Segment (ruas Pancie-Transmigrasi), pembangunan anjungan Gasis (Anjungan I Mangkawani) dan pembangunan Jembatan Lampae.

Bahtiar Baharuddin dalam sambutannya, menekankan pentingnya memanfaatkan nilai-nilai historis dan budaya Soppeng sebagai pondasi untuk memajukan ekonomi lokal.

Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan tersebut mengatakan, selama ini Kabupaten Soppeng telah seoptimal mungkin dengan berbagai cara tetap bisa tumbuh dan berkembang sebagai daerah yang maju dan makmur di Sulsel, termasuk saat pandemi Covid-19.

Bahtiar Baharuddin juga mengapresiasi ketahanan dalam menghadapi berbagai tantangan dan kemajuan Soppeng. Meski tidak memiliki pertambangan tetapi pertumbuhannya lebih baik dan masyarakat bahagia.

“Ini yang harus dipelajari, rupanya daerah maju itu tidak harus punya tambang,” ujarnya.

Bahtiar juga mengungkapkan, walaupun ia telah membagikan benih ikan nila secara gratis, tetapi ini telah lebih dulu dilakukan oleh Bupati Soppeng.

“Ternyata ini sudah lama dilakukan oleh Bupati Soppeng, dimana setiap orang Soppeng boleh mendapat benih ikan secara gratis,” imbuhnya.

Bahtiar juga mengapresiasi Kabupaten Soppeng yang mengembangkan berbagai macam jenis tanaman hortikultura. Seperti Cabai Tampaning yang memiliki banyak buah dengan umur pohon dua kali lipat dari cabai biasa.

"Kenapa Hortikultura? Karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ucap Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri tersebut.


Ia juga meminta masyarakat memanfaatkan KUR yang ada dan memanfaatkan alamnya dengan baik. Sehingga, Plt Gubernur SulSel kemudian memberikan 50.000 bibit untuk warga Soppeng, berupa nangka dan sukun.

Plt Gubernur menekankan, membangun daerah harus berbasis kekuatan kita sendiri, yakni pertanian, peternakan, dan perikanan.

"Saya akan bersama Pemda Kabupaten Soppeng dan rakyat Soppeng membangun daerah ini,” tutupnya. (Nal)