Pemkab Soppeng Raih Penganugerahan Adipura Tahun 2023 Kategori Kota Kecil Jelang Hari Jadi Soppeng yang ke 763 Tahun -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Pemkab Soppeng Raih Penganugerahan Adipura Tahun 2023 Kategori Kota Kecil Jelang Hari Jadi Soppeng yang ke 763 Tahun



NARASI.ID, SOPPENG - Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP menghadiri acara penyerahan piala adipura kencana, adipura kota sedang dan adipura kota kecil yang dibuka secara resmi oleh Menteri LHK Ibu Siti Nurbaya yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin, bertempat di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kemen LHK, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (05/03/2024).

Menteri LHK menyampaikan dalam sambutannya bahwa terdapat 106 Kabupaten/Kota yang menerima piala adipura dan 51 Kabupaten/Kota yang mendapatkan sertifikat adipura. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada tahun 2022 dimana hanya 58 kabupaten/kota yang menerima piala adipura.

Pada kesempatan yang sama Wakil Presiden RI menyampaikan beberapa arahan untuk para Gubernur, Walikota dan Bupati Se-Indonesia. Diantaranya pencapaian kebijakan & strategi sampah nasional (jakstranas) tahun 2050 harus nol sampah dan nol emisi, komitmen pemerintah daerah untuk melakukan pengurangan sebesar 30 % dan pengolahan sampah sebesar 70% dg melakukan edukasi & inisiasi perubahan paradigma tentang penanganan sampah.

Wapres RI Bapak Ma’ruf Amin juga menyerahkan Adipura kencana kepada Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Surabaya dan Kabupaten ciamis sedangkan untuk Adipura Kota sedang dan Kota kecil diserahkan oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong didampingi Dirjen PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati.

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP mengatakan bahwa Kabupaten Soppeng mendapatkan piala Adipura tahun 2023 setelah sebelumnya pernah meraih terakhir pada tahun 2019. Pencapaian ini tidak lepas dari pengelolaan TPA yang sudah baik dengan memenuhi unsur kriteria adipura mulai dari pengaturan blok, penutupan sel harian, pengaturan zona aktif dan passf, pengelolaan sampah di TPA baik di Bank Sampah Induk, pengomposan dan budidaya maggot.

Lanjut Wabup Soppeng katakan, penghargaan piala adipura kali ini sangat membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Soppeng, dimana kita bangkit dari titik paling lemah pengelolaan TPA dan pegelolaan sampah dimasyarakat yang kurang maksimal sehingga melalui beberapa kebijakan & strategi Pemerintah Kabupaten Soppeng melakukan penataan tata kelola persampahan dengan memaksimalkan pengelolaan TPA Lempa, mengaktifkan bank sampah unit di desa/kelurahan, sekolah, kecamatan dan di setiap instansi pemerintah untuk melakukan penamganan sampah yg berbasis 3 R (Reuce, Reduice dan Resicle) sebingga semua sampah bisa mempunyai manfaat serts nilai ekonomi.

"Terima kasih kepada stakeholder, terkhusus kepada masyarakat Kabupaten Soppeng atas kerjasamanya selama ini, ini merupakan kado menyambut Hari Jadi Soppeng yang ke 763 Tahun," ujar Lutfi Halide. (Nal)