Bupati Soppeng Buka Secara Resmi Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Soppeng yang ke-IV -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Bupati Soppeng Buka Secara Resmi Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Soppeng yang ke-IV



NARASI.ID, SOPPENG - Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE hadiri dan buka secara resmi kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Soppeng yang ke-IV Tahun 2024 dengan Tema “Dengan MTQ kita wujudkan Ihsan Qur’ani di Bumi Latemmamala menuju Indonesia Emas”, bertempat di Lapangan Hikmat Takalala, Kecamatan Marioriwawo, Selasa malam (05/03/2024).

Pelaksana harian Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Soppeng, A. Muhammad Ahasriadi, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai momen syiar Islam serta untuk mendorong peningkatan pengetahuan, menemukan rasa kecintaan kita terhadap Al-Quran, untuk dapat memahami Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, penghayatan dan pengamalan Al-Quran di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa kita pada umumnya.

"Pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk mencari Qori Dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah yang berkualitas yang nantinya akan mewakili kabupaten Soppeng pada MTQ tingkat Provinsi yang Insya Allah akan dilaksanakan di Kabupaten Takalar dan semoga nanti dapat juga mewakili di tingkat Nasional," ungkapnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan MTQ ini terdiri dari seluruh perwakilan Kecamatan Se-Kabupaten Soppeng dengan total peserta 160 orang yang terdiri dari 84 Putra dan 76 Putri, kemudian untuk cabang-cabang yang akan diperlombakan sebanyak 4 cabang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 Maret 2024 yang dipusatkan di lapangan Hikmah Takalala, Kecamatan Marioriwawo.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Soppeng yang ke-IV Tahun 2024 mengatakan, tentu kita ingin mewujudkan Insan Qurani di Bumi Latemmamala menuju Indonesia Emas Indonesia Tahun 2045. Sehingga kegiatan ini merupakan suatu perjuangan kita bersama untuk mengantarkan generasi-generasi emas pada saatnya nanti, Insya Allah.



"Penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Quran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat bagi kaum muslimin," ungkapnya.

Lanjut ia katakan, Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia. Dalam MTQ ini akan tampil qori dan qoriah, Hafiz dan Hafizah terbaik perwakilan dari 8 kecamatan yang ada di Kab. Soppeng yang merupakan generasi-generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi dan berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat manusia yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islami.

Siapapun nanti yang menjadi juara, akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ di Kabupaten Takalar, jadi diharapkan agar melaporkan kepada kami dan mari kita diskusikan bersama langkah-langkah apa yang harus kita lakukan setelah penutupan dari MTQ ini, karena kita akan mempersiapkan dan melakukan upaya-upaya yang terbaik bagi peserta Soppeng yang akan ikut berkompetisi nanti dan semua biaya saya yang tanggung ini.

"Hal ini tidak lain adalah untuk memberikan motivasi agar para peserta tidak lemah dan mudah patah semangat sebelum bertanding," ujar Kaswadi Razak.

Bupati Soppeng juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini serta terima kasih pula kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut berpartisipasi.



Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Soppeng, mewakili Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Wakil Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Kepala kantor Kementerian Agama Watansoppeng, para staf ahli, para asisten setda, para Kepala SKPD, para Kabag Setda, para Camat, para Kepala Desa/Lurah Se-Kabupaten Soppeng, para pimpinan Instansi Vertikal BUMN/BUMD, para Kepala KUA Kabupaten Soppeng, para pimpinan Pondok Pesantren Se-Kabupaten Soppeng, para tokoh agama dan para tokoh masyarakat Kecamatan Marioriwawo. (Nal)