PEMKAB Soppeng Gelar Sosialisasi Pengelolaan Kinerja ASN dan Workshop di Makassar -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

PEMKAB Soppeng Gelar Sosialisasi Pengelolaan Kinerja ASN dan Workshop di Makassar




NARASI.ID, SOPPENG - Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Soppeng melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kerja sama Kantor Regional IV BKN Makassar, menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sosialisasi dirangkaikan Workshop Pengelolaan Teknis dan Penyelesaian Permasalahan Kenaikan Pangkat Periode 01 April 2023, di Hotel Novotel Makassar, Kamis, 9 Februari 2023.

Kepala BKPSDM Soppeng Hj Andi Maria Razak mengatakan, tujuan kegiatan ini, untuk menyikapi dan memberikan informasi kepada ASN lingkup Pemkab Soppeng, terkait adanya perubahan Permenpan-RB No. 6) 2022 tentang Pengelolaan Kinerja ASN, serta untuk mempercepat penyebaran informasi kebijakan baru tersebut, karena secara resmi penyusunan sasaran kinerja pegawai (SKP) harus segera disesuaikan oleh seluruh ASN.

Dia menjelaskan, kegiatan sosialisasi yang berlangsung tanggal 9-11 Februari, diikuti sebanyak 172 orang peserta. Terdiri para Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kasubag Perencanaan Pelaporan dan Keuangan, kepala kekolah/guru, serta masing-masing tenaga teknis dari 35 SKPD lingkup PEMKAB Soppeng.

"Adapun yang menjadi pemateri, yakni Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Kabid Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Kasubag Kepegawaian dan Pengelolaan Kinerja, Auditor Kepegawaian Muda," tambah Andi Maria Razak.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyuarakan perubahan penyusunan penilaian kinerja yang awalnya mengacu pada Permenpan No 8/2021 menjadi Permenpan No 6/2022.

Menurutnya, penilaian kinerja dilakukan dengan sistem deskriptif, sehingga kelak akan menghasilkan ASN yang memiliki kemampuan kompetensi skil pribadi dan bidang, serta sasaran kinerja outputnya harus jelas, sehingga memberi dampak baik bagi OPD, tentu hal tersebut tidak terlepas dari peran pimpinan yang sangat besar.

"Diharapkan kepada para kepala OPD, pejabat administrator, pejabat pengawas, fungsional bahkan semua staf harus lebih pro aktif, tidak bermalas-malasan dalam bekerja," kata Andi Kaswadi.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan kepada seluruh ASN pintar-pintar dalam mengatur keuangan, mengingat tahun ini akan terjadi inflasi yang akan berdampak dalam perekonomian secara umum di Indonesia dan secara khusus di Soppeng.

Olehnya itu, Andi Kaswadi mengimbau kepada seluruh peserta, agar mengikuti sosialisasi dan workshop ini, dengan sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh. Mengingat sosialisasi ini sangat penting khususnya dalam pengukuran kinerja ASN.

Turut Hadir pada kegiatan ini, Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Ir. Agus Suriadi, MSi beserta jajaran dan Sekretaris Daerah Soppeng Drs. H. A. Tenri Sessu, MSi. (Nal)