Desa Timusu Kembangkan Bioplok Terintegrasi Tanam Pangan Panen Cepat -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Desa Timusu Kembangkan Bioplok Terintegrasi Tanam Pangan Panen Cepat




NARASI.ID, SOPPENG - Satu lagi Inovasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, yakni pengembangan Bioplok Terintegrasi Tanaman Pangan Panen Cepat, ini lahir dari hasil kerjasama pihak Penyuluh Pertanian Kecamatan Liliriaja Soppeng

Menurut Kepala Desa Timusu, Firdaus bahwa Bioplok yang saat ini dibuat, ditempatkan dalam satu lokasi yakni di area Pos Penyuluh Desa Timusu, hal tersebut bertujuan agar lokasi ini sekaligus menjadi sekolah lapang yang bertujuan untuk mengedukasi para petani yang ada di desanya.

Bioplok dan tanaman pangan yang ada di pekarangan POSHLUDES Timusu masing-masing satu Bioplok dikelola satu Kelopak perikanan dan bertanggung jawab terkait pemeliharaan Bioplok serta tanaman pangan cepat panen yang ada didalamnya. 

"Pada tahap pertama ada sembilan buah Bioplok yang diperuntukkan sembilan kelompok perikanan yang telah dibentuk oleh Pemerintah Desa Timusu".

Lanjut Firdaus, bahwa kegiatan ini dianggarkan melalui Dana Desa pada bidang Ketahanan Pangan tahun 2022.

Tentu terkait bidang pangan oleh pemerintah desa telah memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki dengan berbagai perogram yang sudah terlaksana seperti pengembangan, ASBATIK (Ase, Bale dan Itik) Perogram Desa Wisata Kuliner berbasis kearifan lokal, Desa Pangan Aman terakhir ini Pengembangan Bioplok Terintegrasi Tanaman Pangan Cepat Panen, sehingga dengan kesungguhan inilah yang mengantarkan Desa Timusu sebagai Terbaik Tingkat Nasional kategori Pangan Aman Desa 2022. (Nal)