Sasar calon pemilih pemula, Bawaslu Kabupaten Soppeng kunjungi SMAN 1 Watansoppeng dan MAN 1 Watansoppeng -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Sasar calon pemilih pemula, Bawaslu Kabupaten Soppeng kunjungi SMAN 1 Watansoppeng dan MAN 1 Watansoppeng





NARASI.ID, SOPPENG - Ketua Bawaslu Soppeng, Winardi menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Soppeng, dan Anggota Bawaslu Soppeng, Abd. Jalil menjadi pembina upacara di MAN 1 Soppeng.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program strategis Bawaslu Goes to School dalam rangka meningkatkan kesadaran dan memberikan pendidikan politik di lingkungan pemilih pemula.

Diberi kesempatan menjadi Pembina Upacara, penyampaian sosialisasi ini diharapkan mampu menghasilkan pemuda-pemudi yang inovatif, memerangi politik uang dan meningkatkan animo pelajar dalam membantu Bawaslu melakukan pengawasan.

Didapuk sebagai Pembina Upacara di SMAN 1 Watansoppeng, Winardi, Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng menyampaikan akan kewajiban mengetahui dan memahami larangan dalam pemilu. Salah satunya adalah politik uang. “Sanksinya adalah pidana bagi pemberi dan penerima. Jadi kami mengingtakan untuk menolak politik uang. Bapak dan Ibu Guru juga wajib menjaga netralitasnya dalam menghadapi Pemilu.”, tegasnya.

Di lokasi berbeda, Abd. Jalil Komisioner Bawaslu Kabupaten Soppeng yang juga sebagai Pembina Upacara di MAN 1 Watansoppeng, mengungkapkan bahaya politik uang. “Politik uang dapat berimbas seperti tindakan korupsi, bahkan dapat memecah belah. Oleh karena itu, persiapkan diri. Memilih bukan karena adanya iming-iming dalam berbagai bentuk Politik
uang bukan hanya dalam bentuk uang, melainkan sarung, jilbab hingga sembako juga termasuk di dalamnya.”, jelas Komisioner kelahiran Pinrang itu.

Lebih lanjut, Abd. Jalil juga mengingatkan kepada tenaga pendidik untuk tidak terlibat dalam politik praktis, serta senantiasa mengecek NIK untuk memastikan dirinya tercatut dalam partai politik atau tidak.