Kabupaten Soppeng Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Kabupaten Soppeng Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya





NARASI.ID, SOPPENG - Kabupaten Soppeng kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan diserahkan Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kementerian P3A, Rr Endah Sri Rejeki, SE, M.IDEA, PH.D yang diterima Kabid P2A Dinas P3APPKB Soppeng Hj. Kartini, SKM, M.Kes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Soppeng, Hj. Andi Husniati, S.Sos, MM mengatakan, Kabupaten Soppeng sebelumnya telah tiga kali meraih penghargaan KLA tingkat Pratama, dan tahun 2022 ini meraih peringkat Madya.

"Kenaikan predikat dari Pratama ke Madya didongkrak dengan adanya Unit Pelayananan Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dan jumlah Sekolah Ramah Anak (SRA) yang semakin meningkat," ungkapnya.

Andi Husniati berharap, kedepan mendapatkan dukungan dari semua anggota Gugus Tugas KLA, baik dalam hal pembinaan, pengembangan kelembagaan, dan regulasi, sehingga lebih dapat meningkatkan predikat KLA yang diterima.

Dibutuhkan kolaborasi OPD terkait, dunia usaha, LSM, swasta, dan masyarakat. "Untuk penilaian sendiri ada lima klaster dan 26 indikator pemenuhan hak anak yang harus dipenuhi," tambahnya.

Sementara Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak mengungkapkan, kriteria Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan tingkat Madya ini harus memiliki komitmen dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Soppeng.

"Kita harus merasa bangga karena telah memiliki komitmen tersebut. Dan saya meminta kepada para OPD lingkup Pemkab Soppeng dapat memperhatikan hak anak secara khusus," ujarnya.

Dikatakan, penghargaan KLA ini hasil kerja keras seluruh pihak sehingga mendapatkan predikat Madya. Selanjutnya menjadi PR Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana agar tahun depan bisa naik ke KLA Nindya.

Lanjut Andi Kaswadi, penghargan tersebut harus jadi motivasi agar ke depan bisa naik tingkat ke KLA Nindya. Untuk bisa meraihnya, dia berharap pandemi corona segera selesai sehingga program kerja setiap OPD bisa kembali maksimal. (Nal)