Bupati Soppeng Lihat Alat Pertanian dan Pengembangan Bawang Merah di Jatim

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Bupati Soppeng Lihat Alat Pertanian dan Pengembangan Bawang Merah di Jatim


NARASI.ID, SOPPENG - Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak dan beberapa pejabatnya melakukan kunjungan kerja (Kunker) kedua daerah yakni Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Pada kunjungan pertamanya, di CV Javatech Agro Persada di Serut Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kaswadi melihat langsung produk-produk dari Javatech.

"Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa produk-produk yang ditawarkan nantinya akan berjalan efektif di masyarakat penerima," ungkapnya.

CV Javatech Agro Persada merupakan salah satu pemasok alat mesin (Alsintan) mulai dari pra sampai pasca panen.

Direktur/ pemilik CV Javatech Agro Persada, Eri Febrian yang menerima langsung Bupati Soppeng bersama rombongan, menjelaskan bahwa produk perusahaannya sudah disuplai ke seluruh Indonesia melalui kemitraan dengan Kementerian Pertanian, Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/ Kota.

Di hari kedua kunjungan kerjanya, Bupati Soppeng melakukan Studi Tiru pengembangan bawang merah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Diterima oleh Sekda Kabupaten Nganjuk, Drs Mokhamad Yasin M.Si, dia menjelaskan komoditas bawang merah Kabupaten Nganjuk merupakan produsen terbesar di Indonesia. Apalagi mempunyai satu keistimewaan, yakni memiliki benih bawang merah yang unggul dan berkualitas yang dinamai Tajuk. 

“Tentu kami merasa senang dan bangga karena kita punya potensi unggulan bisa menjadi contoh bagi daerah lain," beber Mokhamad Yasin. 
 
Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengungkapkan, bawang merah yang menjadi unggulan Kabupaten Nganjuk diharapkan bisa dikembangkan di Kabupaten Soppeng.

"Kami datang kesini untuk melihat secara langsung cara pengembangan para petani bawang merah di Kabupaten Nganjuk. Terlebih sesuai data yang kami terima Kabupaten Nganjuk merupakan produsen bawang merah terbesar di Indonesia", kata Andi Kaswadi.

Dia berharap studi tiru yang dilakukan bisa membawa ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan para petani di Soppeng. Dan sesegera mungkin pihaknya akan mengajak petani Nganjuk dan juga produsen atau distributor benih bawang merah untuk mendampingi petani Kabupaten Soppeng guna transformasi ilmu. 

Turut mendampingi Bupati Soppeng, yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP), Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Klp Fungsional Kabupaten, Para Koordinator BPP, Petani.